diajukan
untuk memenuhi salah satu tugas kuliah Pembelajaran Terpadu di SD
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Disusun oleh:
Rita Silvia
100641089
Kelas B4
PROGRAM
S-1 PGSD REGULER
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON
2012
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN 1 Jatipiring
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA )
Kelas/Semester : I/I
Waktu : pert.1 /2 x 35 menit
A. Standar Kompetensi :
1. IPA :
1. Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya, serta cara perawatannya.
2. PKN : 1. Menerapkan hidup rukun dalam
perbedaan
3. Matematika : 1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
B. Kompetensi Dasar
1. IPA :
1.1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
2. PKN :
1.1 Menjelaskan perbedaaan jenis, kelamin, agama, dan suku bangsa
3. Matematika : 1.1 membilang banyak benda
C. Indikato Hasil Belajar
1. IPA : Menunjukan bagian-bagian tubuh serta
kegunaannya
2. PKN
: Menceritakan cirri-ciri fisik perbedaan antara perempuan dan laki-laki
3. Matematika : Menyebutkan banyak
benda
Karakter yang ingin dicapai : percaya diri, tanggungjawab, rasa
ingin tahu, disiplin, keberanian, ketelitian, kerjasama,
D. Tujuan Pembelajaran :
· siswa dapat
menunjukkan bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya
· siswa dapat
menjelaskan ciri- ciri fisik antara laki-laki dan perempuan
· siswa dapat
menyebutkan banyak benda
E. Materi Ajar
IPA:
Menyebutkan bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya.
Mata gunanya untuk melihat
Hidung gunanya untuk bernapas
Mulut gunanya untuk berbicara
Telinga gunanya untuk mendengar
Tangan Gunanya untuk memengang
Ciri perempuan:
-
Berambut panjang
-
Memakai rok
-
Memakai anting
Ciri
laki – laki :
-
Berambut pendek
-
Memakai celana pendek
-
Tidak boleh memakai anting
MTK
: Membilang banyak benda
tanganku ada 2
mulutku ada 1
mataku ada 2
hidungku ada 1
kakiku ada 2
jari tanganku ada 10
F. Media dan Metode pembelajaran
Media: Puzzle
Metode: Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Pemberian tugas
G. Kegiatan Pembelajaran
No
|
Tahap/alokasi waktu
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Muatan Karakter
|
1
|
Kegiatan awal
Pertemuan ke-1
(10 menit)
|
1.
Guru datang tepat waktu
2. Guru mengucapkan salam, memimpin berdoa sebelum
pelajaran dan mempersiapkan kondisi siswa.
3. Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya pada
tugas rumah yang sulit dikerjakan dan melakukan Apersepsi
yaitu menanyakan bagian-bagian
tubuh kita apa saja kemudian menyanyikan lagu “dua mata saya”
Bersama
siswa guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan
4. Dengan metode tanya jawab guru mengecek kemampuan
prasyarat siswa dan siswa diingatkan kembali tentang Bagian – bagian tubuh
|
Disiplin
Keberanian
Rasa ingin tahu
|
2
|
Kegiatan Inti
( 45 menit)
|
Tahap Eksplorasi
1.
guru menjelaskan tentang bagian-bagian tubuh serta kegunaannya
2.
siswa mendengarkan penjelasan yang
disampaikan oleh guru
Tahap Elaborasi
1.
siswa melakukan diskusi sederhana tentang cirri-ciri fisik perbedaan antara
perempuan dan laki-laki
2.
siswa dapat menunjukan gambar dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh
3.
siswa dapat menjalaskan kegunaan dari tiap-tiap anggota tubuh yang diamati
4.
siswa dapat mengamati banyak benda yang disediakan guru
Tahap Konfirmasi
1. Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang hasil temuan siswa dan
hasil diskusi siswa.
2. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalah pahaman siswa
dalam hasil temuannya dan memberikan penguatan tentang materi
|
Disiplin
Ketelitian
Percaya diri
Kerjasama
Tanggung jawab
Rasa ingin tahu
|
3
|
Kegiatan Penutup
( 15 Menit)
|
1.
Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi
dalam bentuk permainan
2.
Menugaskan siswa membawa gambar-gambar hewan
|
Keberanian
disiplin
|
H. Sumber belajar
- Buku Pembelajaran Dengan Metode Tematik Kelas 1,
Penerbit CV. Karya Baru Mandiri
I. Penilaian
Kriteria
Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2.
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3.
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah SD …….
( ………………..………… )
NIP : ………………………
|
……....,…………………20…
Guru Kelas I
( …………………...……… )
NIP : ……………………….
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar